Kamis, 06 Agustus 2020

Kehidupan Manusia dalam Perubahan Berkelanjutan

Assalamualaikum
Hayyy gaes ketemu lagi minggu ini dalam pelajaran sejarah, gimana kabar kalian hari ini gaess, jangan lupa tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, makan makanan sehat dan berolahraga, pada materi minggu lalu kita sudah membedakan mana yang merupakan peristiwa sejarah dan yang bukan peristiwa sejarah, dan juga tentang manfaat serta fungsi sejarah. Saya harap kalian paham yah gaes materi minggu lalu. pada materi minggu ini kita akan mempelajari tentang berpikir dalam persepektif sejarah atau bagaimana sih cara berpikir sejarah, yuk gaes kita capp cusss.

Sebelum kita masuk ke materi cara berpikir sejarah kita singgung sedikit yah gaes tentang makna perubahan berkelanjutan dalam sejarah, jadi gaes yang ada di dunia ini pasti mengalami perubahan dan tentu saja perubahan itu tidak berhenti pada satu titik melainkan teruss berlanjut, sebagai contoh dari kalian bayi atau baru di lahirkan tentu saya banyak mengalami perubahan dan perubahan itu terus berlanjut tidak mungkin perubahan itu berhenti jika sampai saat ini kalian masih ada. 
1. Perubahan dan Berkelanjutan
Perubahan adalah keadaan yang berubah. Di mana keadaan yang sekarang tidak sama dengan keadaan yang akan datang. Kita bayangkan hari ini Indonesia masih di bawah bayang-bayang penjajah. Kemudian sejumlah kelompok revolusioner Indonesia, baik dari kalangan orang tua dan anak-anak muda beserta para pemikir, mulai menyusun rencana dan strategi untuk mengeluarkan Indonesia dari penjajahan. Berbagai gagasan dikeluarkan, ide-ide bermunculan, strategi-strategi diperhitungkan secara matang, hingga kemudian Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia tepat pada 17 Agustus 1945. Suatu bentuk perubahan dalam konteks sejarah bangsa kita.  kemudian perkembangan kehidupan dalam masyarakat ada yang berlangsung lambat atau disebutan evolusi dan ada yang cepat atau di sebut revolusi. Arah perubahan dibedakan atas keadaan yang lebih baik (progres) dan keadaan yang lebih buruk (regres), kemudian ada faktor faktor yang memperngaruhi perubahan, di antaranya ada faktor internal atau faktor dari luar seperti bertambahnya dan berkurangnya jumlah penduduk, penemuan penemuan baru, pertentangan dalam masyarakat, pemberontakan atau revolusi dalam masyarakat. selain faktor internal ada juga faktor external penyebab terjadi perubahan, diantaranya lingkungan fisik, peperangan dan pengaruh budaya asing. perlu di ingat yah gaes cara membedakan faktor perubahan internal dan external, jika faktor internal perubahan tersebut di latar belakangi atau di sebabkan dari dalam masyarakat itu sendiri sebagai sedangkan faktor extrnal berarti penyebab dari perubahan itu berasal dari luar masyarakat, sebagai contoh di masa kini banyak sekali anak anak muda yang menggandrungi KPOP sehingga mereka meniru gaya gaya dan fasion fasion dari idola mereka, tentu saja hal ini berpengaruh ke kebudayaan Indonesia, dimana saat ini banyak sekali anak yang lebih suka menari,berfasion serta bergaya ala korea dibandingkan melestarikan budaya Indonesia itu sendiri, ini merupakan contoh dari perubahan faktor external atau faktor dari luar..
Berkelanjutan dalam sejarah yaitu rangkaian peristiwa yang ada merupakan peristiwa yang berkelanjutan. Kehidupan manusia saat ini merupakan mata rantai dari kehidupan masa lampau, sekarang dan masa mendatang. Setiap peristiwa tidak berdiri sendiri dan tidak terpisahkan dari peristiwa lain. jadi gaes antara peristiwa yang satu dan persitiwa yang lain pasti berkaitan yah, coba kalian pikirkan sebuah persitiwa yang kalian alami di masa kini, ada tidak kaitan nya dengan peristiwa yang kalian alami di masa lalu. sebagai contoh nihhh gaes kalian saat ini sudah duduk di bangku SMA/MA, apa yang kalian alami saat ini tentu saja di pengaruhi oleh persitiwa di masa lalu yang harus kalian lewati yaitu kalian terlebih dahulu harus sekolah SD/MI dan SMP/MTs untuk sampai kalian bisa duduk di bangku SMA/MA yah gaes. kemudian contoh lain perubahan berkelanjutan dalam perstiwa sejarah adalah rasa kemerdekaan yang kalian rasakan saat ini tentu saja ada kaitan nya dengan persitiwa di masa lalu yaitu Proklamasi kemerdekaan Indonesia, tanpa adanya peritiwa proklamasi tersebut mungkin saya yah gaes kita masih di jajah sampai saat ini, dan persitiwa proklamasi juga ada kaitan nya gaes dengan persitiwa sebelumnya, yaitu memperjuangkan kemerdekaan yang di lakukan dengan cara kooperatif dan non kooperatif oleh para pahlawan yah gaes. jadi perlu di ingat yah gaes pelajaran sejarah itu akan mudah di pahami jika kalian berpikir secara kronologis atau cerita sejarah itu harus di ceritakan secara runtun atau urut dan ketika kalian sudah paham dengan kronologis maka kalian juga akan paham makna dari berkelanjutan yah gaes.

2. Konsep berpikir sejarah
konsep berpikir sejarah berbeda nih gaes dengan ilmu ilmu yang lain, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya agar kita lebih paham dengan persitiwa sejarah kita harus berpikir secara kronologis atau urut, jika perstiwa sejarah di ceritakan secara tidak urut mak kita akan bingung gaes dan bisa terjadi salah penafsiran dalam sebuah peristiwa sejarah, hal ini jangan sampai terjadi yah gaes. Ada lima konsep berpikir sejarah di antaranya
1. Konsep Kronologis
2. Konsep Diakronik
3. Konsep Sinkronik
4. Konsep Kausalitas
5. Konsep Pereodesasi
mungkin di antara kalian sudah ada yang pernah mendengar sebelumnya. untuk pembahasan konsep berpikir sejarah akan kita bahas minggu depan yah gaes, dan jangan lupa minggu ini ada tugas yah gaes, saya harap di kerjakan dengan sungguh sungguh dan ingat yah dalam memberikan contoh usahakan contoh tersebut adalah hasil dari pikiran kalian sendiri yah.....

see u again minggu depan yah gaesss, tetap semangat dan jangan lupa berdoa yah gaes semoga pandemi ini cepat berlalu dan kita semua bisa belajar di sekolah lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerajaan Islam di Sulawesi

 Assalamulaikum selamat pagi semua, semoga dalam keadaan sehat pada materi sebelumnya kita mempelajari tentang kerajaan Islam yang ada di Ka...