Senin, 20 Juli 2020

Keterkaitan Manusia dalam Ruang dan Waktu
Sudah ada yang tahu belum di dalam peristiwa sejarah unsur manusia itu tidak dapat dipisahkan dari ruang dan waktunya? Jadi dalam peristiwa sejarah, manusia mengalami berbagai hal dalam hidupnya, dan semua itu berlangsung dalam ruang dan waktu. Kalian tahu nggak kaitannya hidup manusia dengan konsep ruang dan waktu? Jika belum, perhatikan dan baca baik-baik tulisan artikel ini ya.
Kalian percaya kan bahwa keberlangsungan sebuah peristiwa itu, pasti melewati medium ruang. Ruang sendiri memiliki arti, yaitu tempat berlangsungnya atau terjadinya peristiwa sejarah. Nah, karena adanya konsep ruang ini, para penulis sejarah kemudian mengkategorikan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan tempat, misalnya sejarah daerah, sejarah lokal, sejarah dunia, sejarah nasional, dan masih banyak lagi.
Sedangkan adanya konsep waktu menunjukkan kapan terjadinya peristiwa sejarah tersebut. Jika peristiwa manusia itu tidak mungkin terjadi tanpa melewati ruang, begitu pula dengan waktu. Konsep penting dalam sejarah itu adalah waktu, hal ini dikarenakan kehidupan manusia tidak akan bisa dilepaskan dari yang namanya waktu. Nah pada konsep ini lah terkandung sebuah konsep kesinambungan. Apa artinya? Jadi, konsep kesinambungan itu maksudnya waktu masa lalu sangatlah menentukan apa yang terjadi pada masa sekarang ini, kemudian masa sekarang menentukan apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Jadi, dalam sejarah kehidupan manusia, seluruh manusia akan tumbuh bergerak dengan seiring perjalanan waktu dan ruang di mana manusia itu berada.

Peristiwa sejarah manusia berjalan dengan dinamis, bukan statis. Mulai dari manusia itu berada dalam kandungan, kemudian lahir, hingga beranjak dewasa, dan menjadi orang tua. Kalau kita melihat hal itu, kita bisa menyadari bahwa fase kehidupan manusia menunjukkan adanya kesinambungan dalam kehidupan manusia, dan kehidupan itu terikat oleh ruang dan waktu.
Jadi antara Manusia , ruang dan waktu semuanya saling  berkaitan, jika satu saja tidak ada maka tidak terjadi peristiwa sejarah berikut contoh dari peristiwa sejarah yang berkaitan dengan manusia , ruang dan waktu :
1. Peristiwa Rengasdengklok, yang menjadi unsur ruang adalah daerah Rengasdengklok di daerah Karawang Prov. Jawa Barat, sedangkan unsur waktu dalam peristiwaa tersebut adalah 16 Agustus 1945 dan yang menjadi unsur manusia dalam perisitwa tersebut adalah Soekarno dan Moh Hatta
2. Peristiwa pembacaan teks proklamasi, yang menjadi unsur ruang peristiwa adalah tempat di mana di bacakan teks proklamasi yaitu di rumah kediaman Soekarno di jalan pegangsaan timur 56, sedangkan unsur waktu dalam peristiwa tersebut adalah 17 Agustus 1945 dan yang menjadi unsur manusia dalam peristiwa tersebut adalah Seokarno sebagai pembaca teks proklamasi.
Bagaimana? gampangkan belajar sejarah......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kerajaan Islam di Sulawesi

 Assalamulaikum selamat pagi semua, semoga dalam keadaan sehat pada materi sebelumnya kita mempelajari tentang kerajaan Islam yang ada di Ka...